Sekarang Ini Lagi Nge-hits Berinvestasi di Reksadana - MalesMikir.com

Breaking

BANNER 728X90

02 May 2018

Sekarang Ini Lagi Nge-hits Berinvestasi di Reksadana


Saya salut dengan orang Indonesia sekarang ini sob. Khususnya anak-anak muda jaman sekarang sudah melek yang namanya investasi reksadana. Sebagian dari mereka itu sudah mengerti yang namanya investasi untuk masa depan, entah itu untuk rencana liburan, biaya pernikahan atau hari tua terutama. Manteb gak tuh sob? Wah saya sendiri hari gini masih nabung konvensional sob, nabung di bank.

Kamu tau sendirikan sob kalau nabung di bank itu masih kurang bagus kalau saldo kamu segitu-segitu melulu, gak ditambah-tambah. Gak cocok hanya sekedar untuk mendem duit. Buat yang mengharapkan bunga bank tentu return-nya sedikit banget. Belum lagi potongan administrasi setiap bulannya. Sudah dipastikan uang kamu di bank akan terkikis sedikit demi sedikit dan bunga bank tidak bisa menutupnya. Belum lagi inflasi setiap tahunnya sob..

Ini entah saya nya saja yang kurang update atau gimana ya. Yang penting saya kagum dan ngerasa penasaran saja gitu dengan reksadana. Kira-kira apa sih itu reksadana dan apa keuntungannya??

Singkatnya saja ya sob, saya rangkumin saja apa yang sudah saya baca dan pelajari sedikit tentang reksadana buat sobat yang belum kenal.

Untuk pengertiaannya sendiri, Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya. (source)

Di reksadana kita sudah bisa investasi dengan modal kecil. Yang saya lihat modal terkecil di reksadana adalah Rp.50.000 sudah bisa bertransaksi. Ini cocok banget buat kita yang pemula dan ingin berinvestasi. 😍

Selain karena harganya yang terjangkau, keuntungan lainnya adalah dengan pemahaman terbatas sekalipun kita tidak perlu khawatir dengan dana yang kita investasikan, karena dana kita akan dikelola dengan baik oleh Manager Investasi (MI).

Untuk keamanannya kita tidak perlu khawatir karena reksadana merupakan investasi yang legal dan diawasi oleh Otoritas Jasa keuangan (OJK). Selain itu kita juga bisa dengan mudah menjual reksadana kita kapan saja kita mau.

Ada tiga profil resiko yang mesti kita ketahui sob. Ada konservatif, moderat, dan agresif.

Konservatif sendiri adalah investor yang memiliki toleransi resiko yang rendah. Tipe investor ini biasanya berinvestasi dalam jangka pendek (di bawah 3 tahun). Jenis reksadana yang cocok untuk investor ini adalah reksa dana pasar uang.

Moderat adalah investor yang memiliki toleransi menengah terhadap resiko. Tipe investor ini biasanya berinvestasi dalam jangka menengah (3 sampai 5 tahun). Jenis reksadana yang cocok untuk investor ini adalah reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran.

Agresif adalah investor yang memiliki toleransi tinggi terhadap resiko. Tipe investor ini biasanya berinvestasi dalam jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Jenis reksadana yang cocok untuk investor ini adalah reksa dana saham.

***

Nah, itu tadi adalah pemahaman dasar yang saya pelajari mengenai reksadana sob. Terus kira-kira profil resiko mana yang baik untuk pemula seperti kita ini? Tergantung pilihan kita dulu, mau investasi jangka pendek, menengah atau panjang? Kalau jangka menengah yang durasinya 3 sampai 5 tahun, menurut ahli keuangan reksadana Indonesia yaitu Ryan Filbert adalah Moderat (pendapatan tetap dan campuran).

Kenapa moderat? Karena moderat return-nya lebih baik daripada konservatif, DAN resikonya lebih kecil daripada agresif. pertahunnya bisa mencapai 18% untuk moderat. Konservatif return-nya yang saya amati tidak sampai 10%. Orang selalu inginnya untung lebih tapi minim resiko. Itulah dia sob kenapa kita pilih moderat.

Moderat dengan return lumayan bisa sampai 10% lebih dan resiko tidak terlalu besar. Ingat, moderat lama investasi 3-5 tahun ya sob.

Konservatif (pasar uang) yang biasanya di bawah 3 tahun, return-nya memang sedikit. Mau invest lebih dari 3 tahun juga hasilnya kalah dengan moderat. Tapi kelebihannya minim resiko.

Kalau yang agresif (saham) return-nya tinggi sekali tapi jangan lupa resikonya juga tinggi. Makanya kalau main saham lebih cocok lama investasinya 5 tahun ke atas. Karena saham sudah pasti selalu fluktuasi (naik turun). Jangan coba-coba deh investasi reksadana saham dalam waktu singkat.

Begitulah kura-kura..

Kita bisa mencoba simulasi investasi reksadana yang ada pada bareksa.com yang mana perhitungan simulasi ini diambil dari history kegiatan MI beberapa tahun yang lalu.

Misal, saya ingin berinvestasi di pendapatan tetap selama 3 tahun. Saya sanggup menyisihkan gaji saya untuk diinvestasikan sebesar 750.000 Rupiah/bulan. Saya memilih MI dari MNC Asset Management dengan unit reksa dana MNC Dana Syariah.


Hasilnya bisa sobat lihat pada gambar di atas.. Saya mendapatkan return sebesar Rp.3.328.089,26 atau 11,99% dalam 3 tahun 1 bulan. Total yang terkumpul adalah Rp.31.078.089,26.. Bandingkan dengan nabung biasa Rp.750.000/bln, hanya terkumpul Rp.27.750.000. 
Cukup lumayan yang saya dapatkan untuk bisa liburan beberapa hari atau untuk modal nikah. 😍

Apakah ada unit reksadana dengan menawarkan return yang lebih besar dari 11,99%?? Jawabannya ada sob banyak. Ubek-ubek saja deh informasi mengenai reksadana disini. Difilter saja sesuai yang sobat mau. Untuk mencari apakah layak untuk di investasi atau tidak, carilah track record kinerjanya paling sedikit 1 tahun. Menurut saya ya sob..

Apakah berinvestasi di reksadana halal?

Kamu tidak perlu takut akan riba sob. Investasi reksadana ada yang syariah dan mendapat restu dari MUI.. dengan nomer fatwa No. 20/DSN-MUI/IV/2001 (dokumen lengkap). Untuk pembahasan halal haramnya bisa lihat disini ya sob.

Sobat bisa memulai transaksi reksadana di bareksa, bukalapak, tokopedia, di mana saja terserah sobat.. Yang penting perusahaan itu di awasi OJK ya sob. Kalau saya sendiri lebih senang di bareksa dan akan mulai invest pada bulan ini juga (mei 2018). Karena disana komplit informasi mengenai reksadana. Dan ada juga aplikasi android nya, jadi saya bisa pantau via hp.

***
Gimana sob? menarikkan berinvestasi di reksadana? Gak ada salahnya dicoba berinvestasi untuk masa depan.. Kamu bisa buka reksadanaku.com untuk belajar lebih dalam mengenai reksadana.. Selamat mencoba ya sob. 😃


No comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak pada postingan ini. Yang posting link akan saya hapus. :D